Mengobati Kucing Sakit Flu

Kucing Sakit Flu Dan Demam

 

Apabila kucing kesayangan kita terkena flu, tidak jarang kita sebagai pemiliknya berusaha mencari cara bagaimana untuk mengobati kucing serta mencari-cari obat yang sekiranya tepat untuk kucing.

Bahkan tidak jarang karena ketidak-tahuan dan rasa khawatir membuat pemilik kucing terjerumus pada situs-situs yang menulis tentang penyakit kucing yang memberi kesan sangat menyeramkan, berbahaya dengan resiko kematian tinggi. Padahal sebagian besar penyebab kematian kucing akibat sakit flu adalah karena terlambat diobati, bukan karena virus yang ganas.

Padahal, sebagaimana pada manusia kucing juga bisa saja terkena sakit flu dan pilek, kucing jika bisa terkena demam dan masuk angin terutama pada saat pergantian musim. Misalnya menjelang musim hujan dan menjelang dimulainya musim panas. Yang pada pada masa tersebut biasanya udara lembab membuat virus dan bakteri bisa menyerang manusia maupun hewan.

Tanda tanda kucing kena flu


Untuk mengetahui tanda kucing terkena penyakit flu, berikut adalah beberapa ciri atau tanda yang bisa kita perhatikan, diantaranya adalah :

  1. Nafsu makan berkurang dari kebiasaannya
  2. Kerap bersin dan atau batuk
  3. Badan lemas, malas bergerak, kadang kalau dipegang terasa hangat/panas.
  4. Tidur terus
  5. Mengeluarkan cairan lendir dari hidung / ingus jahat
  6. Matanya berair dan atau merah
  7. Mulutnya sariawan


Gejala-gejala flu tersebut diatas biasanya akan terjadi selama jangka waktu 1 minggu, normalnya setelah melewati fase 1 minggu tersebut kucing akan mulai membaik dan sembuh pada minggu ke 2 atau ke 3.

Sebab Kucing Terkena Flu


Umumnya penyebab kucing bisa terkena flu adalah karena daya tahan tubuh kucing sedang turun. Turunnya daya tahan tubuh kucing akan menyebabkan kucing mudah terserang virus dan bakteri. Adapun beberapa bakteri dan virus bisa menyebabkan flu, meskipun ada yang menyerang organ tubuh lainnya seperti menyebabkan diare, dan lain-lain yang tidak dibahas pada bagian ini.

Bakteri yang sering menyerang kucing sehingga menyebabkan flu adalah Bordetella Bronchiseptica dan Chlamydophola Felis yang menyerang kucing. Kedua bakteri tersebut bisa mengakibatkan kucing mengalami flu cukup berat.

Adapun virus yang merupakan penyebab terbesar kucing terkena flu, menurut hasil riset International Cat Association, adalah virus cacilivirus (FCV), dan virus herpes (feline herpesvirus).  International Cat Association menyebutkan bahwa 80% kucing terkena flu disebabkan oleh kedua virus tersebut.

Virus flu dapat menular dan tersebar ke kucing lain melalui kotoran, air liur, makanan, minuman, bersin, dan peralatan seperti tempat kotoran, kandang, dan kotak makan.

Tindakan Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Terkena Flu


Apabila kucing kamu terkena flu yang disebabkan oleh virus, jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter / klinik hewan terdekat. Namun jika kita kesulitan menjumpai klinik hewan berikut adalah daftar obat Flu untuk kucing yang direkomendasikan dan mudah didapatkan di petshop sekitar rumah atau secara online untuk mengobati kucing sakit flu.

1. Flucat

Flucat Obat Flu Kucing

Flucat adalah obat flu untuk kucing yang paling dikenal dan paling banyak digunakan. Obat ini mampu meredakan flu dan juga pilek yang diderita oleh kucing. Flucat juga diketahui sangat aman untuk kitten dan kucing hamil menyusui karena tidak mengandung anti-biotik yang bisa membahayakan kandungan dan bayi kucing.

Sebelum mencoba obat flu yang lain ada baiknya kucing hamil menyusui yang sakit diberikan flucat dulu, kalau dalam 3 hari tidak sembuh baru diberikan obat lain yang lebih kuat.

2. Coldy Cat

Coldy Cat Obat Flu Dan Demam Untuk Kucing


Coldy Cat adalah obat flu yang diklaim mampu mengobati flu, demam tinggi, radang pada mata, hidung keluar ingus, dan nafsu makan yang berkurang.

Coldy Cat terbukti ampuh untuk mengobati kucing dewasa yang terkena flu, selain itu obat flu ini juga aman untuk dikonsumsi oleh kitten atau kucing yang masih kecil.

2. Stop Flu

Obat Kucing Pilek Bersin Dan Demam


Stop Flu adalah obat anti flu dan pilek khusus untuk kucing yang mengandung anti-biotik, anti-radang dan vitamin kucing. Stop Flu diklaim mampu mengobati flu pada kucing yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Stop Flu dikatakan aman dikonsumsi oleh kucing kecil (kitten), dewasa maupun kucing hamil dan menyusui. Akan tetapi dianjurkan usia kehamilan diatas 4 minggu dan untuk kucing menyusui usia bayi kucing sudah diatas 2 minggu

4. For Flu

FOR FLU Obat Kucing Batuk Pilek Flu Dan Demam


Secara manfaat dan kandungan obatnya, For Flu bisa dikatakan sama dengan Stop Flu hanya berbeda merek dan produsennya saja. Obat ini mengandung anti-biotik, anti-radang dan vitamin kucing. For Flu juga diklaim mampu mengobati flu pada kucing yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. 

Demikian sekilas tentang mengobati kucing flu, kami akan membahas lebih lanjut mengenai hal ini pada artikel lainnya. Terima kasih.

Comments